Popular Posts of The Week

March 19, 2016

Cirebon Trip DAY 2 (Part 3) : Goes to Kuningan dan Hotel AYONG Linggarjati Kuningan

Melanjutkan cerita jalan-jalan gue ke Cirebon beberapa waktu lalu. Di hari kedua di Cirebon, pada sore harinya gue dkk memutuskan untuk pergi menuju ke Kabupaten Kuningan yang jaraknya hanya sekitar 2 jam dari Cirebon (dengan menggunakan mobil).

Jika kalian ingat pelajaran Sejarah Indonesia, maka kalian pasti ingat dengan Perjanjian Linggarjati. NAHHH!! Linggarjati itu adalah salah satu wilayah yang terletak di Kabupaten Kuningan.

Anyway, Kabupaten Kuningan ini sebenarnya mirip seperti 'puncak' nya Jakarta. Jarang sekali ada hotel yang menggunakan AC karena memang suhu udaranya sudah sejuk-sejuk dingin. Selain itu juga terdapat banyak tempat permandian air hangat, kebun teh, dll. Hanya saja menurut gue pribadi, matahari di Kabupaten Kuningan panasnya seperti kompor. Persis seperti berdiri di dekat kompor yang sedang menyala. Tapi suhu udaranya dingin. Hehehe.. Bingung kan..? Yah gitulah..

Well.. Saat itu gue dkk tiba di Kabupaten Kuningan sekitar jam 6 sore. Saat itu cuaca sedang hujan cukup deras dan kebetulan gue dkk juga belum melakukan reservasi hotel apapun. And too bad!!! Almost 5 hotel yang gue dkk kunjungi mengatakan bahwa seluruh kamar telah FULL terisi! :((

Cuaca hujan, perut lapar, sudah hampir malam, dan belum dapat hotel = LENGKAP! Sampai akhirnya gue dkk menemukan 1 hotel yang finallyyyy masih memiliki kamar kosong, yaitu HOTEL AYONG LINGGARJATI - Kuningan.

Saat itu Hotel Ayong Linggarjati ini menawarkan harga Rp. 550.000,- / standard room untuk kapasitas 2 orang. Melihat ukuran ranjang (double bed) yang rasanya hanya bisa dimuat oleh 3 orang, maka gue dkk merasa bahwa harga kamar tersebut terlalu mahal.

Akhirnya gue dkk memilih FAMILY Room dengan harga Rp. 850.000,- / room dengan tambahan 1 extra bed. Sayangnya gue lupa berapa harga extra bed nya. Setelah melakukan nego dengan pihak hotel, gue dkk mendapatkan free extra bed tersebut dengan 'syarat' bahwa gue dkk tidak akan mengambil fasilitas breakfast untuk sekitar 3 orang yang seharusnya diberikan kepada gue dkk. Hihi..

Jadi FAMILY Room yang gue pesan ini memiliki fasilitas flat TV, AC, teko air panas, kulkas kecil, lemari baju yang besarrrr sekali, sofa, balkon dengan pemandangan yang indah, dan ruangan kamar yang cukup besar. Untuk ranjangnya sendiri terdiri dari 2 double bed dan 1 single bed.

Sebenarnya untuk FAMILY Room sendiri terdapat 2 jenis, yaitu yang gue dkk pesan dan yang satu lagi yang seharga Rp. 650.000,- / room. Gue tidak terlalu tau untuk detail fasilitas pada FAMILY Room yang lebih murah ini, hanya saja perbedaannya terletak pada ukuran ruangan kamar yang sempit dan tidak ada sofa. Untuk jumlah dan ukuran ranjangnya sendiri adalah sama, yaitu 2 double bed dan 1 single bed.

Ooh iyaa.. Untuk fasilitas air panas di dalam kamar mandinya sendiri, hanya bisa digunakan sampai jam 8 malam saja yah. Ini sudah kebijakan dari hotelnya, entah kenapa. Jadi setelah jam 8 malam, maka fasilitas air panas akan dimatikan. Tapi sayangnya gue tidak tau, sampai jam berapa kah fasilitas air panas itu akan dihidupkan lagi.. Huhu..

Dan berikut adalah penampakan FAMILY Room yang gue dkk pesan :

[ Pemandangan dari Balkon Kamar ]
Bagi kalian yang mungkin tidak terlalu membutuhkan space untuk duduk-duduk becanda di tengah malam, rasanya ukuran FAMILY Room yang seharga Rp. 650.000,- / room masih bisa kalian pertimbangkan.

Secara keseluruhan, Hotel AYONG Linggarjati ini seperti hotel mewah pada masanya. Hotelnya sendiri memiliki gedung yang sangat besar dan terdiri dari 4 lantai (3 lantai kamar dan 1 lantai rooftop). Area kolam renang dan area breakfast nya juga cukup besar. Sayangnya, semuanya terlihat jadul dan old style. Sehingga nyamannya tidak senyaman hotel bintang 3 dengan konsep minimalis yang saat ini mulai banyak ditemukan dimana-mana.

Untuk kebersihannya sendiri cukup oke. Tidak lembab, tidak kotor, dan tidak bau. Lokasinya sendiri juga tidak terlalu 'pedalaman', karena dekat dengan tempat permandian air panas, tempat makan tahu susu, dll. Gue kasih nilai 7/10 untuk Hotel AYONG Linggarjati ini.

Oke deh guys.. Sekian cerita gue kali ini.. Di post berikutnya gue akan mereview makan malam gue di Kabupaten Kuningan, yaitu di Restoran SALT Sunda & Seafood.