Popular Posts of The Week

February 21, 2016

Cirebon Trip DAY 2 (Part 1) : Nasi Jamblang Mang Dul & Docang Pak Kumis

Dihari kedua di Cirebon, gue dkk memang tidak bangun terlalu pagi, tapi juga tidak terlalu siang. Sekitar jam 9-an, gue dkk keluar dari Citradream Hotel dan mulai berjalan-jalan ke arah kiri Hotel. Disana terdapat deretan ruko yang dipenuhi dengan pedagang makanan.


 Dari sekian banyak pilihan makanan, akhirnya gue dkk tertarik untuk mencicipi Nasi Jamblang Mang Dul. Hihi..


 Nasi Jamblang sendiri sebenarnya adalah nasi putih biasa yang terdiri dari berbagai macam lauk pauk yang bisa kita pilih sendiri. Penyajiannya diletakan di atas Daun Jati. 

Menurut info yang gue dapat, dahulu Nasi Jamblang ini adalah nasi yang sengaja dibuat bagi para pekerja di daerah kota Jamblang. Penyajiannya sendiri sengaja dibuat dengan menggunakan Daun Jati, yang dipercaya dapat mencegah nasi dan lauk pauk yang ada di dalamnya menjadi tidak cepat basi.



 Dan di Rumah Makan Nasi Jamblang Mang Dul sendiri, terdapat beragam jenis lauk pauk, mulai dari sate udang, ayam goreng, kerang cabai, telur, dan masih banyak lagi. Pengunjung yang sudah menerima sepiring nasi di atas Daun Jati dari pelayan, bisa langsung mengambil sendiri lauk pauk pilihannya. Dan inilah pilihan lauk pauk gue dkk saat itu.


Ada yang memilih sate udang, perkedel, tahu, tempe, empal, dll. Porsi nasinya sendiri memang tidak terlalu banyak, hampir sama dengan porsi nasi kucing. Oleh karena itulah, sebelum memberikan nasi kepada pelanggan, para pelayan biasanya akan menanyakan, mau 1 porsi atau 2 porsi untuk nasinya saja..?? Begitu.. Hihi.. 

Gue lupa harga tepatnya berapa, tapi rata-rata harga untuk Nasi Jamblang pesanan gue dkk di atas adalah Rp. 20.000,-/porsi.

 Dari Nasi Jamblang Mang Dul, gue dkk berjalan agak lumayan jauh menuju ke Docang Pak Kumis. 


 Lokasinya berada persis di depan Toko Delapan (T8) yang terletak di Jl. Tentara Pelajar. Hmm.. Sebenarnya apa sih Docang ini...? 


Oke. Jadi Docang adalah sejenis lontong sayur, yang diberi tauge, daun pepaya, kerupuk, parutan kelapa, kemudian disiram dengan kuah bening berwarna merah (tetapi tidak pedas). Nah, kuah bening ini adalah kuah yang sangat enak dan gurih, yang tanpa gue sangka ternyata terbuat dari sari oncom. 


Kuahnya amat sangat enak! Yumsss.. Pokoknya seperti kuah kaldu ayam deh, apalagi jika ditambahkan dengan sambal, semakin pedas, semakin enak. Harganya...? Cuma Rp. 5.000,- / porsi. Hihi.. Enak dan murah!

 Setelah selesai sarapan, gue dkk berencana untuk pergi ke Batik Trusmi untuk membeli batik yang katanya murah-murah. Tanpa disangka, beberapa temen gue penasaran untuk mencicipi Nasi Jamblang Ibu Nur yang merupakan Rumah Makan Nasi Jamblang paling terkenal di Cirebon. Well.. Akhirnya pergilah kita ke sana..

Dan sesampainya di sana, yaitu sekitar jam 11 siang, beginilah penampakan yang ada..


 Antri LUAR BIASAAAAA.. Dan berhubung gue bukan tipe orang yang suka berlama-lama antri untuk makanan, jadilah gue memutuskan untuk tidak mencicipi Nasi Jamblang Ibu Nur ini. Jika kalian berniat untuk mencicipi Nasi Jamblang Ibu Nur ini, baiknya kalian datang pagi-pagi yah guyss.. Hihi.. 

Well.. Dari Nasi Jamblang Ibu Nur ini, gue dkk langsung meluncur ke outlet Batik Trusmi untuk belanja batik. 


Kalau dibilang harganya murah atau tidak, menurut gue sih standard yah guys. Sama seperti harga Batik di Jl. Malioboro - Jogjakarta. Tapi menurut gue di Batik Trusmi pilihannya sangat banyak. Mulai dari pakaian batik untuk anak bayi sampai orang tua, ada semua di Batik Trusmi. Hihi..

Oke deh, perjalanan gue selanjutnya dihari kedua di Cirebon akan gue bahas di postingan berikutnya yah guysss.. See yaaa :D

 NASI JAMBLANG MANG DUL
Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 58
Cirebon
Telp. 0231 - 206564 / 341459 

DOCANG PAK KUMIS
Jl. Tentara Pelajar No. 82
Cirebon
(depan Toko Delapan - T8)

NASI JAMBLANG IBU NUR
Jl. Cangkring II No. 45 
Cirebon
Telp. (0231) 234737

BATIK TRUSMI
Jl. Syekh Datul Kahfi
Plered - Cirebon
Jawa Barat 45154
Telp. 0815 6469 0003






CIREBON SERIES 2015 :

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...